Penalaran Induktif

Adalah suatu penalaran yang berpangkal dari peristiwa khusus sebagai hasil pengamatan empirik dan berakhir pada suatu kesimpulan atau pengetahuan baru yang bersifat umum.

Contoh:

Beberapa permasalahan yang mungkin timbul disebabkan kurangnya pencarian informasi tentang keamanan untuk kebanyakan pembuat website, yang menyebabkan kejadian banyaknya website yang sering dirusak seperti pemberitaan diberbagai media.

Generalisasi

Adalah proses penalaran yang bertolak dari fenomena individual (hanya memiliki kebenaran probabilitas karena belum pernah diselidiki kebenarannya) menuju kesimpulan umum.

Contoh:

Semua mahasiswa IT memiliki komputer, walaupun terkadang tidak terlalu canggih.

Analogi

Adalah persamaan antar bentuk yang menjadi dasar terjadinya bentuk-bentuk yang lain.

Contoh:

Mahasiswa – mahasiswi

Hubungan kausal (hubungan sebab – akibat)

Adalah hubungan keterkaitan atau ketergantungan dari dua realitas, konsep, gagaasan, ide, atau permsalahan.

Contoh:

Karena kesalahan logika pada saat pengkodean program [sebab], maka aplikasi itu memiliki sebuah celah yang cukup berbahaya [akibat].

Penalaran deduktif

adalah suatu penalaran yang berpangkal pada suatu peristiwa umum, yang kebenarannya telah diketahui atau diyakini, dan berakhir pada suatu kesimpulan atau pengetahuan baru yang bersifat lebih khusus

Contoh :

Linux adalah sebuah sistem operasi opensource yang memiliki banyak ultilitas jaringan, penggunaan operasi sistem ini untuk kebutuhan jaringan komersial dapat lebih menghemat biaya dan memudahkan.

Silogisme

Adalah pernyataan yang menarik kesimpulan dari sebuah pernyataan yang umum dan sebuah pernyataan khusus.

Contoh:

Sistem operasi linux adalah salah satu produk opensource [pernyataan umum]. Proyek opensource dikembangkan oleh banyak orang [pernyataan khusus]. Kemungkinan sistem operasi linux dikembangkan oleh banyak orang [penarikan kesimpulan].

Entimem

Adalah sejenis silogisme yang tidak lengkap, tidak untuk menghasilkan pembuktian ilmiah, tetapi untuk menimbulkan keyakinan.

Contoh:

Produk bajakan tidak diijinkan, karena sering rusak.

Proposisi

Adalah apa yang dihasilkan dengan mengucapkan suatu kalimat, yang hasil atau nilai dari kalimat tersebut bisa besifat benar, salah maupun benar dan salah yang bergantung oleh kenyataan pada umumnya.

Contoh:

Mozilla firefox adalah browser internet yang paling baik.

Premis

Adalah Pernyataan yang mengandung bukti dari sebuah sub himpunan. Yang merupakan dasar pikiran, alasan, dalil yang dipakai sebagai pangkal pembicaraan

Contoh:

Pemadaman listrik sering terjadi akhir – akhir ini, listrik digunakan untuk menyalakan peralatan elektronik, seringnya pemadaman listrik membuat peralatan elektronik tidak dapat dinyalakan.

Term

Adalah ungkapan pengertian dalam bentuk kata atau beberapa kata.

Contoh:

Layar Biru (Blue Screen) -> biasa digunakan untuk mengistilahkan bila terjadinya kesalahan pada sistem operasi windows.